Digital clock

Kamis, 22 November 2012

Band Kotak Sudah Menjadi Band Impian

Nampaknya Band Kotak tidak bisa memungkiri bahwa acara Dreamband di tahun 2004-lah yang membuat mereka kini menjadi band papan atas. Dreamband yang dipimpin langsung oleh Doddy (personel Kahitna), mengaudisi ratusan vokalis, bassist, drummer, dan gitar.
Kemudian disaring menjadi 2 vokalis, 2 drummer, 3 gitaris, dan 2 bassis. Dari 9 personel ini kemudian dibuat menjadi dua band yaitu band Kotak dan Lima.

Awal Mula Band Kotak

Diawali oleh Cella sebagai gitaris, Pare sebagai vocal, Posan bermaindrum dan ices di posisi bass, Band Kotak pun memulai debut mereka dengan album yang berjudul sama dengan nama band mereka yaitu, ‘Kotak’. Sayangnya, seperti kebanyakan band-band yang baru merintis, mereka pun harus bongkar pasang personel. Tahun 2007, Pare dan Icess hengkang.

Lagu-lagu pertama album Kotak belum terlalu hits di pasaran. Meksi demikian, Band Kotak tidak menyerah. Mereka mencari lagi 2 personil yang bisa mengisi kekosongan posisi yang semula diisi oleh Pare dan Icess. Akhirnya, terpilihlah Tantri dan Chua sebagai vokalis dan bassis baru.

Pada tahun 2009, bersama Tantri dan Chua, Band Kotak pun mengeluarkan album kedua mereka yang diberi judul ‘Kotak Kedua’. Lagu andalan mereka yang berjudul ‘Beraksi’ pun meledak di pasaran. Aroma music rock bercampur gothic yang semula menjadi ciri khas Band Kotak kini lebih dibuat halus sehingga lebih enak didengar oleh telinga penikmat musik.

Ciri Vokal Band Kotak

Awalnya, Tantri sendiri ragu untuk menjadi vokalis Kotak. Ia tidak pede karena menurutnya Kotak sudah punya ciri vokal sendiri, yaitu suara Pare. Tapi kemudian, Tantri akhirnya lebih memilih untuk menggunakan karakteristik suaranya yang khas serak-serak basah. Suara Tantri yang nge-rock dan asyik di dengar ini, membuat album Kotak Kedua laris manis di pasaran.

Lagu-lagu Band Kotak menjadi lebih soft kita dengar ketika medengar lagu ‘Pelan-Pelan Saja’ yang juga menjadi Hits. Musik dalam lagu ‘Pelan-Pelan Saja’ tidak terlalu keras, tetapi nuansa rocknya masih terasa kental. Berbeda dengan lagu ‘Beraksi’, lagu ‘Pelan-Pelan Saja’ lebih menceritakan tentang percintaan insan manusia. Meski bertema lagu patah hati, lagu ‘Pelan-Pelan Saja’ sama sekali tak bisa dikategorikan sebagai lagu cengeng.

Banjir Tawaran

Kini, setelah lebaran di tahun 2010 ini, Band Kotak pun sudah dibanjiri tawaran untuk manggung di berbagai tempat. Tantri mengatakan bahwa mereka akan terus disibukkan hingga akhir tahun. Tantri dan teman-teman Kotak lainnya tidak peduli dengan gosip yang beredar di seputar mereka sebagai selebritis baru di dunia music. Bagi Tantri, Chua, Cella dan Posan, mereka main band untuk menunjukkan karya-karya terbaik mereka, bukan untuk mencari sensasi.

Sukses terus buat Band Kotak yang sedang mempersiapkan album - album mereka. Kotak menyebut fans mereka sebagai Kerabat Kotak. Semoga saja, Kotak bisa terus kokoh seperti kotak yang mewakili 4 sisi yang bersatu dalam satu wadah bernama bangunan Kotak. Semoga mereka bisa terus langgeng berkarya memberikan yang terbaik bagi blantika musik Indonesia.