Senin, 14 Oktober 2013

Biografi Kotak Band

Tahun terbentuk : 27 September 2004
Asal Grup : Jakarta, Indonesia
Terkenal sejak merilis Album "Kotak" (2005)








Band bergenrel Rock, Kotak, lahir dari ajang pencari bakat yang digelar sebuah salah satu stasiun Tv Swasta pada Tahun 2004. Namun Kotak bukan dipakai tanpa alasan.

  Filosofinya Kotak merupakan sebuah bangun yang terdiri dari empat titik yang dihubungkan oleh garis. Maksud yang ingin disampaikan dari pemakaian nama ini adalah terhubung nya keempat personil Kotak yang memiliki karakteristik berbeda namun dapat bersatu dalam suatu wadah musik.

  Kotak dibentuk pada tanggal 24 September 2004 oleh Doddi Isnaini, Salah seorang personil Kahitna, yang kala itu memproduseri Kotak. pertama kali dibentuk, Formasi Kotak belum seperti saat ini yang sering kita saksikan di layar kaca. Kotak yang awalnya di bentuk untuk ajang pencari bakat tersebut beranggotakan Mario Marcella Handika Putra (Cella Kotak) pada posisi gitar, Pare di posisi Vokal, Icez di posisi bass dan Posan Tobing (Posan) di posisi Drum. mereka sempat merilis sebuah Album Selftittled di 2005 dibawah naungan label HMR. Lagu - Lagu debut nya dalam Album tersebut anta lain "Hilang", "Terbang (Khayal)" dan "Damai kan Hati".

  Tanpa disangka - sangka, Pare dan Icez mengundurkan diri dari Kotak, dua tahun kemudian. posisi yang kosong pada Vokal kemudian digantikan oleh Tantri Syalidri Ichlasari (Tantri Kotak) dan posisi bass oleh Swasti Sabdastantri (Chua Kotak).

  Pergantian formasi ini malah mengantarkan Kotak melejit sebagai salah satu Band ternama di Indonesia.
Terbukti dengan jam terbang nya yang tinggi dan banyak tawaran yang menunggu di berbagai Kota di seluruh Indonesia.

  Album kotak dengan formasi baru Rilis dengan judul "Kotak Kedua" (2008). Single hits seperti "Beraksi", "Masih Cinta" dan "Tinggalkan Saja", sukses mengebrak pasaran, peluncuran album Kotak ini mendapatkan antusias yang sangat baik oleh para Fans Kotak yang mendapatkan sebutan Kerabat Kotak.

Banyak penghargaan yang telah dibawa pulang oleh Kotak setelah debut nya. mereka dinobatkan sebagai "Solo/duo/Grup Rock terbaik" di acara "Anugerah musik Indonesia ke-12" dan album kotak kedua menyabet penghargaan "Album Rock terbaik" dar "Anugerah Planet Musik 2009" juga "Most Favorit Breakthrough Artis 2009" dari "MTV Indonesia Awards".

  Ke solidan  Kotak nampaknya tidak se sukses karir yang mereka capai di industri musik Indonesia. Kali ini giliran penebuh Drum yang memutuskan hengkang dari grup tersebut pada Tahun 2011. keputusan berat yang harus di ambil Haposan Haryanto Tobing (Posan) dikarenakan ia ingin lebih fokus kepada proyek - proyek barunya. "Nah, karena gue ngerasa Kotak sudah besar dan dewasa, akhirnya gue memilih untuk fokus bersama Winner dan memproduseri beberapa band baru lainnya", tegas drumer berdarah batak ini.

  Namun hal itu tidak mengucilkan semangat kotak untuk terus berkarya di belantika musik tanah air. Kotak terus berambisi untuk merampung kan album ke-3 (tiga)  nya. didahului dengan rilis nya single "Pelan - Pelan Saja" pada akhir 2009, akhirnya Kotak membuktikan eksitensinya dengan merilis album ""Energi" 7 November 2010.

   Di Tahun 2011, Kotak menambahkan Empat buah lagu pada album "Energi", dan single utama "Tendangan Dari langit" sebagai lagu tema film layar lebar dengan judul yang sama. album Kotak di Tahun 2011 ini akhirnya dinamai "Energi: Repackage - Tendangan Dari Langit".

  Kotak belum berhenti dengan gebrakan mereka, Memperingati hari jadi mereka yang ke-8 Tahun lalu, Kotak menggelar konser 8 kota dalam 8 hari, konser 8 hari berturut - turut tersebut dimulai di Surabaya, 20 September 2012, lanjut ke Malang, Solo, Yogyakarta, Ciamis, Depok dan Jakarta. Kotak sempat juga berkelaborasi dengan Band Amerika, Simple Plen, untuk lagu "Jet leg".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa Komentar Anda